Yang Perlu Diwaspadai saat Ibu Hamil

Melengkapi uraian lalu seputar ibu hamil, uraian ini mengulas hal hal yang terjadi pada ibu hamil yang perlu diwaspadai dan ditindak lanjuti dengan cepat dan tepat. Kondisi kehamilan yang dalam waktu kurang lebih sembilan bulan sangat berpengaruh kepada persalinan dan kesehatan bayi yang dilahirkan kelak. Ada 9 Faktor yang perlu diwaspadai pada ibu hamil yang akan berpengaruh pada kesehatan bayi dan ibunya, yang disebut faktor resiko.

1. Kurang Gizi :
Bagi ibu hamil yang mengalami kurang gizi tentunya berpengaruh kepada daya tahan ibu yang akan menurun. Disamping itu, ibu akan lemah, kurang tenaga. sedangkan proses melahirkan memerlukan daya tahan dan tenaga yang betul betul prima.

2. Tekanan darah :
Tekanan darah yang normal bagi ibu hamil adalah terkanan sistolik 120-140 mmHg dan diastolik 80-90 mmHg. Kurang dari angka tersebut berarti Tekanan darah kurang , dan kalau lebih dari angka tersebut berarti tekanan darah tinggi atau hipertensi.

3. Jarak antara kehamilan :
Jarak antara melahirkan anak dari yang satu anak yang berikutnya sebaiknya lima tahun. Waktu selama ini memungkinkan rahim dan kondisi ibu secara umum sudah cukup menjalani pemulihan sendirinya dengan baik. Untuk memenuhi hal ini ibu bisa mengikuti program keluarga berencana untuk mengatur waktu melahirkan. Jarak yang masih relatip baik terutama bagi ibu yang sehat adalah tidak kurang dari dua tahun antara kelahiran satu dengan kelahiran berikutnya.

4. Anemia (kurang darah)
Indikator Anemia adalah dengan pemeriksaan kadar Haemoglobin dalam darah atau Hb. Bila Hb menunjukan 11 Gr% berarti Hb baik, 10 ? 8 Gr% berarti Hb Kurang baik dan bila kurang dari 8 Gr% berarti Hb buruk.
Untuk menaikan Hb biasanya ibu hamil diberikan Tablet Besi (Fe) selama 3 bulan , bisa diperoleh di Pos Yandu atau Puskesmas.

5. Usia ibu :
Usia yang baik untuk hamil dan melahirkan adalah usia antara 20 tahun sampai 35 tahun. Bila kurang atau lebih dari usia tersebut ibu mempunyai resiko tinggi.

6. Tinggi badan :
Tinggi badan yang ideal bagi ibu hamil dan melahirkan adalah lebih dari 145 cm, bagi ibu yang tinggi badannya kurang dari 145 cm biasanya mengalami kesulitan dalam proses melahirkan. .

7. Jumlah anak :
Bila jumlah anak sudah empat orang sebaiknya ibu tidak usah hamil lagi. Apabila ibu hamil anak yang kelima berarti kehamilan ini adalah kehamilan dengan resiko tinggi. .

8. Riwayat kehamilan dan persalinan :
Apakah kehamilan dan persalinan sebelumnya pernah keguguran, kesulitan melahirkan misalnya bedah sesar dlll, pernah lahir mati, Berat badan lahir rendah (BBLR), Bayi besar, Prematur, pernah melahirkan kembar.

9. Riwayat penyakit :
Ibu yang hamil menderita penyakit Jantung, Hepatitis, TBC Paru Paru, Asthma, Darah Tinggi atau Hipertensi, Kencing Manis

Bila ibu mengalami salah satu atau lebih dari 9 faktor tersebut, sebaiknya ibu sering konsul ke dokter atau bidan, dan laksanakan petunjuk dan sarannya agar ibu melngandung dengan baik dan melahirkan dengan selamat

Comments