Menghilangkan Security Center di Taskbar Tray Windows XP





Windows Security Center
Namun, terkadang bagi Anda yang sudah setiap saat melakukan update antivirus atau firewall Anda telah hidup, mungkin sedikit terganggu dengan icon Security Center yang ada di tray. Apalagi security center sering memberikan pop-up yang saya rasa cukup mengganggu. Oleh karena itu, timbul keinginan untuk menghilangkan icon Security Center dari taskbar tray. Tetapi bagi beberapa dari Anda, mungkin hal ini menjadi kendala karena icon security center tidak memberikan opsi exit. Lalu bagaimana cara menghilangkan security center dari tray? Caranya adalah dengan mematikan service dari security center tersebut. Namun, apakah tidak berbahaya jika mematikan security center? Menurut saya tidak apabila Anda rutin mengupdate Antivirus dan firewall Anda tetap hidup. Security center hanya merupakan interface untuk mengelola fungsi keamanan komputer Anda. Misalkan untuk menghidupkan atau mematikan anti virus, firewall dan windows update. Dengan menghilangkan icon security center di taskbar tray bukan berarti Anda tidak bisa mengakses security center. Anda masih bisa membukannya melalui control panel yaitu pada item Security Center.
Bagi Anda yang tidak membutuhkan icon security center di tray dan ingin menghilangkannya, berikut saya berikan cara menghilangkan icon security center dari taskbar tray:
  1. Buka dialog run dengan mengklik start kemudian klik Run.
  1. Pada input Run ketik “msconfig” (tanpa tanda kutip) dan tekan enter untuk membuka System Configuration Utility.
  1. Pada jendela System Configuration Utility, pilih tab Services.
System Configuration Utility
  1. Cari service yang bernama “Security Center” kemudian hilangkan tanda cek atau rumput yang ada pada service itu.
Security Center Service
  1. Klik tombol OK untuk menyimpan perubahan dan untuk menutup Jendela System Configuration Utility.
  1. Kemudian akan muncul sebuah dialog yang memberikan Anda pilihan untuk melakukan restart atau tidak. Klik tombol Restart Now untuk merestart komputer karena perubahan yang baru Anda lakukan akan berpengaruh setelah komputer Restart.
Kini Anda tinggal menunggu proses restart. Setelah Anda kembali ke desktop, coba periksa taskbar tray Anda. Apakah icon security center sudah hilang? Jika sudah, semuanya sukses. Jika belum, coba ulangi langkah-langkah tadi dan pastikan tanda cek pada service Secutiry Center telah hilang.
Jika suatu saat Anda ingin mengakses security center namum servicenya belum hidup, Anda tidak usah khawatir. Seperti yang telah saya katakan di atas, Anda masih bisa mengaksesnya melalui Contorl Panel pada item Security Center. Atau agar lebih cepat mengakses security center, Anda bisa ketik “control.exe wscui.cpl” pada kotak dialog Run. Namun, jika Anda ingin mengembalikan icon security center tadi, Anda tinggal memeberikan tanda cek lagi pada Service Security Center yang ada pada jendela System Configuration Utility. Security Center akan kembali di taskbar tray setelah komputer di restart. Selamat mencoba!








Comments