6 Hal Yang Sebaiknya Dihindari Oleh Ibu Hamil


Rontgen.
Radiasi tak boLeh diLakukan, apapun indikasinya. Semua bentuk radiasi berpotensi membahayakan perkembangan janin, biLa diperLukan penyinaran, seperti untuk mengetahui patah tuLang atau rontgen gigi, sebaiknya katana pada dokter anda bahwa anda tengah hamiL.

Mengemudi.
Memasuki trimester ketiga kehamiLan sebaiknya anda tidak Lagi mengemudikan mobiL, perut yang membesar akan menyuLitkan anda mengemudi dengan baik, seLain itu juga menghindarui kemungkinan yang tak diinginkan, misaLnya terjadi kontraksi ketika tengah mengemudi.

Pewarna Rambut.
Memang beLum ada bukti yang menunjukkan bahan bahan kimia daLam pewarna rambut berbahaya bagi janin. Tapi diLain pihak, pewarna rambut pun tak terbukti aman sama sekaLi. Jadi sebaiknya sementara anda hamiL, tundaLah keinginan untuk mengecat rambut.

AlkohoL.
tak ada tingkat pemakaian aLkohoL yang aman semasa kehamiLan. Minuman beraLkohoL tersebut akan masuk kedaLam darah bayi meLaLui darah ibunya. Sementara hati janin beLum berfungsi maksimaL, maka minuman tersebut akan tetap beredar didaLam darah. Pada wanita yang minum aLkohoL daLam jumLah berLebihan, sebagian besar akan berisiko pada bayi. "Bisa menghambat pertumbuhan fisik, otak dan sebagainya sehingga bayi Lahir dengan cacat fisik, kerusakan jantung dan retardasi mentaL."

Daging Setengah Matang
Bahan bahan makanan yang berasaL dari hewan biLa tidak dioLah dengan matang bisa mengandung bakteri, parasit, protozoa bahkan mengandung berbagai jenis cacing. Bahan makanan yang mengandung kuman tersebut bisa masuk ke dalam darah ibu dan menyebabkan infeksi, misaLnya toksopLasma.

Kafein
Kopi mengandung kafein. Kafein merupakan suatu perangsang yang berpengaruh dan bisa meningkatkan produksi hormon stres. Peningkatan ini mentebabkan berkurangnya aLiran darah ke rahim dan berkurangnya oksigen mencapai janin. Jadi, mengkonsumsi kafein daLam jumLah banyak tak baik bagi anda dan bayi anda. Meminum teh disarankan tidak berbarengan dengan vitamin makanan yang mengandung zat besi, "Teh akan menghambat penyerapan zat besi."

Comments